TUGAS AGAMA
Perkembangan Islam Pada Masa Modern
( 1800 – sekarang )
( 1800 – sekarang )
Diajukan untuk
memenuhi salah satu tugas Agama
Di SMAN2 Sumedang
Nama :
1.
Cepy Wildan Anwar
2.
Agun Gunawan
3.
Agus Suniyardi
4.
Asep Achmad Nugraha
5.
Chandra Guzman
6.
Erik Kurnia Chandra
7.
Fauzi Kurniawan
8.
Fian Suparman
9.
Isham Permana
10.
Luthfy Adrik R L
11.
Radiansah
12.
Saepul Anwar
13.
Yasin Purnama
14.
Yayan Ramdhani
Kelas
: XI IPA 1
PEMERINTAH
KABUPATEN SUMEDANG
DINAS
PENDIDIKAN
SEKOLAH
MENENGAH ATAS NEGERI 2 SUMEDANG
2006
/ 2007
Perkembangan Islam Pada Masa Modern
( 1800 – sekarang )
( 1800 – sekarang )
Gerakan
Pemikiran Modern Dunia Islam
Masa kebangkitan Islam atau disebut dengan masa pembaharuan mulai
menggeliat pada tahun 1800 M. Pada masa tersebut kalangan kaum muslimin banyak
yang mengerahkan pemikirannya untuk kemajuan agama Islam. para Ulama, Cendekiawan
muslim di berbagai wilayah Islam banyak yang intens terhadap study Islam
sehingga keortodokannya mulai ditinggalkannya. Sehingga pada masa pembaharuan
tersebut ilmu pengetahuan, kebudayaan dan ajaran islam berkembang di berbagai
Negara seperti Negara India, Turki, Mesir.
Tokoh pembaharu yag ternama adalah Muhammad ibn Abdul Wahab di
Arabia dengan Wahabiyahnya pada tahun 1703-1787 M. Gerakan ini memiliki
pengaruh yang besar pada abad ke – 19. Upaya dari gerakan ini adalah memperbaiki
umat Islam sesuai dengan ajaran Islam yang telah mereka campur adukkan
dengan ajaran-ajaran tarikat yang sejak abad ke 13 telah tersebar luas di
dunia Islam.
Dalam bidang ilmu pengetahuan, di Turki Usmani mengalami
kemajuan dengan usaha-usaha dari Sultan Muhammad II yang melakukan terhadap
umat Islam di negaranya untuk dapat menguasai ilmu pengetahuan dan teknologi
dengan upaya melakukan pembaharuan dibidang pendidikan dan pengajaran,
lembaga-lembaga Islam diberikanmuatan pelajaran umum dan upaya mendirikan “
Mektebi Ma’arif” guna menghasilkan tenaga ahli dalam bidang administrasi dan
“Mektebi Ulumil Edebiyet” gunamenghasilkan tenaga penterjemah yang handal serta
upaya mendirikan perguruan tinggi dengan berbagai jurusan seperti kedokteran,
teknologi dan militer.
Pada tanggal 1 November 1923 kesultanan Turki dihapuskan dan
diganti dengan Negara Republik dengan presiden pertamanya yaitu Musttafa Kemal
At Turk, IPTEK semakin maju. dan pada waktu itu juga di India bermunculan
cendekiawan muslim modern yang melakukan usaha-usaha agar umat Islam mampu
menguasai IPTEK seperti Sayid Ahmad Khan, Syah Waliyullah , Sayyid Amir,
Muhammad Iqbal, Muhammad Ali jinnah dan abdul Kalam Azad. salah satu dari
cendekiawan tersebut yang sangat menonjol dan besar jasanya terhadap umat Islam
adalah Sayid Ahmad Khan.
Penguasa Mesir yaitu Muhammad Ali (1805-1849) dalam hal IPTEK agar
maju berupaya dengan mengirimkan para mahasiswa untuk belajar IPTEK ke perancis
setelah lulus dijadikan pengajar di berbagai perguruan tinggi seperti di
universitas Al Azhar sehingga dengan cepat IPTEK menyebar ke seluruh dunia
Islam. Selain itu terdapat Universitas Iskandariyah di kota Iskandariah yang
memiliki fakultas kedokteran, Teknik, Farmasi, Pertanian, Hukum, Perdagangan
dan Sastra. Universitas Aiunusyam di kairo, Universitas Assiut, Universitas
Hilwan, universitas Suez, dan Universitas “The American University in Cairo.
Pada perkembangan Islam abad modern, umat islam timbul
kesadarannya tentang pentingnya ajaran islam yang sesuai dengan ajaran yang
dibawa oleh Rasulullah SAW sehingga dapat dijadikan sebagai pedoman hidup.
karena umat Islam sudah jauh dari ajaran Rasulullah SAW yaitu banyak
penyimpangan-penyimpangan dari sumber asalnya, penyakit bid’ah, tahayul,
klenik, perdukunan, kemusrikan dll sangat merebak dan hamper seperti kehidupan
Jahiliyah. Dengan kondisi umat Islam tersebut maka muncullah para pembaharu
yaitu suatu gerakan pemurnian terhadap ajaran agama Islam yang sesuai dengan
ajaran yang bersumber pada Qur’an dan Hadits. Para pembaharu tersebut antara
lain:
a. Muhammad bin Abdul Wahab yaitu ulama besar yang produktif
yang lahir di Nejed Arab Saudi Salah satu kitabnya yaitu Kitab Tauhid, sebuah kitab
yang berisi tentang mengesakan Allah SWT dengan membasmi praktek-praktek
tahayul, bid’ah khurafat yang ada pada umat islam dan mengajak untuk kembali ke
ajaran tauhid yang sebenarnya. Gerakan pembaharuan Abdul Wahab tersebut dikenal
dengan Gerakan Wahabiyah.
b. Rif’ah Badawi Rafi’ At Tahtawi yang lahir di Tahta merupakan
pembaharu Islam yang pemikirannya yaitu menyerukan kepada umat Islam agar
menyeimbangkan antara dunia dan akhirat
c. Jamaluddin Al afgani yang lahir di Asadabad dengan
pemikiran pembaharuannya adalah supaya umat Islam kembali pada ajaran agama
Islam yang murni , kepemimpinan otokrasi supaya diubah menjadi demokrasi, untuk
mewujudkan kemajuan masyarakat Islam yang dinamis agar kaum wanita bekerja sama
dengan kaum pria dan Gerakan Pan Islamisme yaitu penyatuan seluruh umat
Islam.
d. Muhammad Abduh yaitu pembaharu Islam di Mesir penerus dari
gerakan Wahabi dan Pan Islamisme Beliau bersama muridnya yang bernama
Muhammad Rasyid Rida menerbitkan jurnal “Al Urwatu Wustsqa” Selain itu
Muhammad Abdul juga menyusun kitab yang berjudul “ Ar Risalah at Tauhid”
e. Sayid Qutub yaitu ulama dan tokoh gerakan pembaharuan yang
menyelaraskan antara urusan akhirat dengan urusan duniawi dan bersama Yusuf
Qardhawi menekankan perbedaan antara modernisasi dengan pembaratan.
f. Sir Sayid Akhmad Khan lahir di Delhi India adalah pembaharu
yang produktif dengan berbagai karya diantaranaya Tarikhi Sarkhasi
Bignaur berisi catatan kronologi pemeberontakan di Bignaur, Asbab Baghawat
Hind, The Causes of the Indian Revolt (sebab-sebab revolusi India, Risalat
Khair Khawahan Musulman risalah tentang orang-orang yang setia, dan Akhkam
Ta’aam Ahl al Kitab hukum memakan makanan ahli kitab. Selain itu Beliau juga
mendirikan Sekolah Inggris di Mudarabad, sekolah Muslim University of Aligarth,
membentuk Muhammedan Educational Conference dan mendirikan The Scientific
Society lembaga penerjemah IPTEK ke bahasa Urdu serta menerbitkan majalah
bulanan Tahzib al Akhlaq dan lain-lainnya.
g. Muhammad Iqbal yaitu seorang muslim India dengan
karyanya The Reconstruction of Religius Though in Islam (pembangunan kembali
pemikiran keagamaan dalam islam).
h. Muhammad Ali PashaIa
lahir di Kawalla Yunani pada tahun 1765 M dibesarkan di Turki. Di antara
ide-ide pembaruannya :
1) Mendirikan lembaga pendidikan
• Sekolah Militer (1815 M).
• Sekolah Teknik (1816 M).
• Sekolah Kedokteran (1827 M).
• Sekolah Apoteker (1829 M).
• Sekolah Pertambangan (1834 M).
Sekolah Pertanian (1836 M).
• Sekolah Penerjemahan (1836 M).
2) Mendatangkan guru – guru dari Eropa dan
mengirim siswa – siswa untuk belajar di Eropa ± 311 orang pelajar Mesir dikirim
ke Italia.
Guna pemulihan kembali kekuatan Islam, maka mengadakan suatu
gerakan pembaharuan dengan
mengevaluasi yang menjadi penyebab mundurnya Islam dan mencari ide-ide
pembaharuan dan ilmu pengetahuan dari barat. Gerakan pembaharuan tersebut
antara lain
- Gerakan Wahhabiyah yang
diprakarsai oleh Muhammad ibn Abdul Wahhab (1703-1787 M) di Arabia, Syah Waliyullah
(1703-1762) M di India dan Gerakan Sanusiyyah di Afrika Utara yang
dikomandoi oleh Said Muhammad Sanusi dari Al Jazair
- Gerakan penerjemahan
karya-karya Barat kedalam bahasa Islam dan pengiriman para pelajar muslim
untuk belajar ke Eropa dan Inggris
Selain yang tersebut di atas, dalam hal perkembangan kebudayaan
pada masa modern juga mengalami kemajuan di berbagai Negara Islam artinya
Negara yang mayoritas berpenduduk Islam seperti Mesir, Arab Saudi, Irak, Iran,
Malaysia, Brunai Darussalam, Kuwait dan indonesia.
Dibidang arsitek, di Arab Saudi mengalami perkembangan yang pesat.
Pembangunan-pembagunan fisik sangat dahsyat dari pembangunan jalan raya,
jalan kereta, pelabuhan sampai Maskapai penerbangan Internasional, perhotelan,
peribadatan seperti Masjidil Haram yang ditengah masjid terdapat
Kakbah dan baitul Atiq, Hajar Aswad, Hijr Ismail, Makam Ibrahim dan sumur
Zam-Zam yang letahnya berdekatan dengan Kakbah. Bangunan Masjidil Haram sangat
luas, sangat indah dan megah. Masjid Nabawi yaitu Masjid yang indah dan megah
pula serta ber A C. Di Iran terdapat bangunan yang indah yaitu berupa
bangunan arsitektur peninggalan Dinasti Qatar yaitu Istana Niavarand,
pekuburan Behesyti Zahra.
Dalam bidang Sastra pada masa pembaharuan terdapat
nama-nama sastrawan yang Islami di berbagai Negara seperti sastrawan dan
pemikir ulung yang lahir di Pakistan tahun 1877 dan wafat tahun 1938 bernama
Muhammad Iqbal, Mustafa Lutfi Al Manfaluti tahun 1876-1926 yaitu sastrawan dan
ulama al Azhar Mesir, Muhammad Husain Haekal tahun 1888-1956 ia adalah seorang
pengarang Mesiryang menulis Hayatu Muhammad, Jamil Sidi Az Zahawi tahun
1863-1936 di Irak daln lain-lain.
Dalam bidang kaligrafi di abad modern juga berkembang yaitu
biasanya digunakan sebagai hiasan di masjid, hiasan di rumah, perabotan rumah
tangga dll dengan media seperti kertas, kayu, kain, kulit, keramik dll.
No comments:
Post a Comment